Home Pengetahuan 5 Cara Menagih Hutang & 7 Tipe Orang yang Punya Hutang

5 Cara Menagih Hutang & 7 Tipe Orang yang Punya Hutang

32
0
SHARE

Semua orang akan sepakat bahwa menagih hutang adalah sesuatu yang sulit dan berat untuk dilakukan. Seringkali ada perasaan sungkan, tidak enak, takut dianggap tidak punya perasaan atau kita lupa menagihnya.

Terkadang kita berharap agar saat kita memberi pinjaman kepada orang lain, maka secara otomatis orang tersebut akan mengembalikannya. Pada kenyataannya hal ini tidak akan selalu terjadi.

5 Cara Menagih HutangSeringkali kita merasa kesal dengan teman kita yang berhutang pada kita. Alih-alih pinjaman langsung dibalikan oleh teman kita, dia malah pura-pura amnesia akan hutangnya.

Ada dua kemungkinan yang akan terjadi meminjamkan uang kepada orang, yang pertama adalah hutang tersebut akan dikembalikan, dan yang kedua hutang tidak akan pernah dikembalikan.

Jika si peminjam tertib melunasi tentu tak jadi masalah, namun jika tidak kunjung membayar dan susah sekali ditagih itu baru persoalan. Ada 5 cara dalam menagih hutang yang susah bayar yaitu:

1. Berterus Terang Dengan Alasan yang TepatCara ini merupakan cara yang terlembut secara psikologi. Singkat dan berterus terang. Bila dengan mengatakan kejujuran ini hutang Anda dibayar berarti Anda termasuk orang yang beruntung. Karena cara ini seringkali tidak berhasil maka perlu ditambah lagi dengan trik-trik yang lain.

2. Mainkan EgoDisini Anda perlu untuk mempermainkan rasa ego dan harga diri si penghutang. Anda bisa mengatakan kepada dia kalau dia merupakan orang yang adil dan orang yang selalu berusaha bertindak benar.

Buat agar si penghutang merasa Anda begitu kagum dengannya. Lalu setelah beberapa jam Anda memujinya Anda tagih hutangnya. Dengan tidak membayar hutangnya maka dia harus mempertanyakan lagi konsep dirinya sendiri. Dia juga akan takut rasa kagum kita padanya akan hilang.

3. Pancing GengsinyaPancing rasa gengsi dengan seolah-olah melibatkan orang lain ke masalah hutang ini. Anda coba ceritakan kepada penghutang bahwa ada beberapa orang yang Anda kenal mengatakan bahwa “kalau dia ngehutang jangan harap lagi uangnya akan balik.

Semoga aja kamu tidak seperti itu ya” atau dapat juga saat berkumpul dengan penghutang dan teman-teman Anda meminta saran dari teman-teman Anda tentang cara menagih hutang yang bagus. Ini akan memancing gengsinya dan akhirnya dia membayar hutangnya.

4. Kerjain BalikWaktu gajian teman Anda tetap tidak membayar hutang? Anda harus mengambil langkah tegas. Misalnya, saat makan siang mintalah teman Anda untuk membayar dulu tagihannya, saat teman Anda menagih uang makanan tadi, katakan bahwa dia juga masih punya hutang padamu.

5. Berani MenolakSaat teman Anda belum mengembalikan uang Anda tapi masih berani meminjam uang Anda lagi, lebih baik Anda menolaknya.

Daripada nanti Anda sakit hati karena uang yang dipinjam tidak kunjung dikembalikan. Jadi segera hindari meminjamkan uang pada teman Anda lagi sampai dia mengembalikan uang Anda terlebih dahulu.

Membantu teman yang memerlukan bantuan memang tidak ada salahnya. Tapi jangan sampai hal ini membuat masalah baru buat Anda kedepannya. Jangan sungkan untuk menagih uang yang telah Anda pinjamkan, karena hutang yang kembali tentu jauh lebih baik daripada tidak kembali.

7. Tipe Orang yang Punya HutangSetiap orang punya karakter dan sifat masing-masing. Dan karakter ini akan sangat berpengaruh terhadap kapan dia akan membayar hutang kita, juga bagaimana cara kita untuk menagihnya.

Maka dari itu, penting sekali kita melihat tipe-tipe orang yang punya hutang. Berikut 7 tipe orang yang punya hutang:

#1 Si InisiatifAnda tidak perlu khawatir untuk meminjamkan uang pada tipe penghutang seperti ini. Tipe penghutang yang satu ini bisa dibilang sebagai tipe penghutang teladan.

Sebutannya saja “si inisiatif”. Pasti tanpa perlu diingatkan, ia akan membayar kewajibannya. Mereka akan bayar hutang tepat waktu. Kita juga tidak perlu merasa bersalah atau merasa menjadi sepertidebtcollector.

#2 Si PelupaLupa merupakan sifat manusia yang susah dilawan. Bila Anda meminjamkan uang pada si pelupa, Anda tidak usah ragu dan tidak perlu merasa bersalah untuk mengingatkan mereka akan hutangnya. Kalau perlu, kirim pesan supaya dia bisa bayar hutang tepat waktu.

#3 Si Pengalih PembicaraanOrang ini pintar dalam mengganti topik perbincangan saat Anda sudah mau menanyakan mengenai hutang. Dan terkadang tanpa sadar Anda sudah tidak membicarakan lagi mengenai hutangnya.

Cara menghadapi orang seperti ini adalah fokus dan konsentrasi. Anda perlu menyiapkan waktu khusus dan langsung ajak bicara serius soal hutangnya yang belum dibayar.

#4 Si Pura-pura LupaTipe penghutang seperti ini akan khusus lupa hanya pada hutangnya. Kalau nonton film seru atau gosip terbaru, mereka bisa mengingat semua dengan sempurna.

Tetapi giliran ditanyakan mengenai hutangnya dia akan bilang kalau dia lupa. Pura-pura lupa ini digunakan sebagai jurus pamungkas demi memusnahkan hutangnya.

Solusi untuk menghadapi si pura-pura lupa adalah pantang menyerah. Kalau dia konsisten pura-pura lupa, Anda juga bisa konsisten untuk menagihnya. Gunakan semua alat komunikasi untuk mengingatkan dia, mulai dariwhatsapp, sms, telepon, dan alat komunikasi lainnya.

#5 Si Sok SibukTipe penghutang yang satu ini, setiap ditagih biasanya akan memberikan alasan sibuk dengan pekerjaan dan kegiatan penting lainnya. Seolah-olah buat mereka membayar hutang itu bukan karena tidak mampu tetapi karena tidak ada waktu.

Untuk yang tipe seperti ini Anda dapat menulis pelunasan hutang di agendanya, dan pakaireminder. Tegaskan pada mereka untuk melunasi hutangnya ke kita adalah salah satu hal wajib dari agendanya.

#6 Si Belagak MiskinUntuk tipe yang ini, penghutang tidak malu untuk menghindar dari kewajibannya membayar hutang dengan berlagak miskin.

Mereka akan beralasan tidak ada uanglah, lagi banyak kebutuhanlah, belum gajianlah, kirim uang ke kampunglah, dan modus lain agar bisa dikasihani. Tetapi kenyataannya Anda bisa menemukan mereka sedanghang outatau ngopi-ngopi ataushopping.

Untuk tipe penghutang seperti ini, Anda jangan luluh dengan berjuta alasan yang mengundang simpati. Jangan pantang menyerah untuk menagihnya, dan katakan masak tiap bulan uang gaji bisa habis.

Pilihan lainnya dengan menangkap basah saat dia lagihang outatau passhopping. Tagih hutangnya secara santai, seolah-olah Anda tak sengaja ada di tempat yang sama. Mau alasan tidak punya uang lagi? Langsung saja tunjuk belanjaannya.

#7 Si Sulit Dilacak KeberadaannyaTipe penghutang yang ini sudah sama dengan belut. Licin, susah ditemui bak hilang ditelan bumi. Ditelepon aktif tapi tidak diangkat, kirim pesan lewat sms, bbm,whatsappjuga tidak direspon. Bahkan bisa mendadak hilang atau tidak ada saat dirumah didatangi.

Solusinya harus minta bantuan “mata-mata” yang sering bertemu dengan dia. Anggap saja kita punya informan yang bisa membantu memberi informasi saat si penghutang ini muncul. Dan saat itulah Anda hampiri untuk menagih hutang.

Hutang Haruslah DibayarHutang itu adalah kewajiban yang harus dilunasi sampai kapanpun. Saat ada yang berhutang sama kita, jangan pernah takut atau merasa bersalah saat menagih karena itu adalah hak kita.

Demikian juga ketika kita berhutang, jangan lupa untuk membayarnya kepada teman kita yang meminjamkan uang.

Sumber:finansialku.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here